sweetyvinz

just wanna write what I feel.

SITU PATENGAN

Situ Patengan terletak di kawasan Ranca bali  Bandung Selatan, Jawa Barat. Kawasan ini merupakan salah satu tempat kunjungan wisata di daerah Ciwidey,walaupun sudah tidak termasuk kawasan ini.

Kebanyakan orang menyebutnya Situ Patengang, padahal namanya adalah Situ Patengan. Situ dalam bahasa Indonesia berarti Danau, sedangkan Patengan berasal dari kata “Pateangan-teangan” yang artinya “saling mencari”. Memasuki kawasan ini, kita hanya perlu membayar 15.000 rupiah untuk satu motor. Mobil di hitung per orang.

Situ Patengan dilihat dari sudut kanan

Danau ini disebut Situ Patengan berdasarkan sebuah legenda yang diceritakan secara turun temurun. Menurut masyarakat sekitar, dahulu kala ada pasangan kekasih yang terpisah jauh. Karena rindu, mereka saling mencari pasangannya. Sampai akhirnya, pada suatu hari mereka bertemu di salah satu sisi danau ini. Tepatnya mereka bertemu di sebuah batu, yang sampai saat ini dinamakan “Batu Cinta”.

tugu yang menunjukkan lokasi “Batu Cinta”

Sebuah mitos tentang Situ Patengan tersebar di kalangan masyarakat Jawa Barat. Jika seseorang datang ke Situ Patengan bersama dengan pasangannya *belum menikah# maka pada akhirnya mereka akan putus dan berpisah. Tetapi jika seseorang datang bukan dengan pacar *belum jadian# maka mereka akan menjadi jodoh. Sampai saat ini, itu menjadi mitos yang terus berkembang di masyarakat.

Kenampakan “Batu Cinta” dari jarak jauh

Tetapi ada juga sebuah kepercayaan yang mengatakan, barang siapa yang mengikrarkan cintanya di “Batu Cinta” maka cintanya akan abadi. Entah benar atau tidak, tapi kepercayaan ini membuat sebagian orang yang tidak bertanggung jawab menuliskan nama mereka dan pasangannya di “Batu Cinta”. Tindakan ini membuat batu tersebut menjadi penuh dengan coretan dan terlihat tidak begitu menarik.

sisi lain danau tempat “Batu Cinta” berada

Kedalaman Situ Patengan pada musim kemarau kali ini hanya sekitar 2,5 meter. Pada saat musim hujan, air bisa naik beberapa senti meter di tepi danau. Di tengah danau ada semacam pulau kecil, air danau memutar mengelilingi pulau ini.

pulau atau lebih tepatnya daratan kecil di tengah Situ

Kita bisa berperahu mengelilingi danau ini, sambil menikmati pemandangan Situ Patengan. Ada dua pilihan kendaraan yang bisa kita pakai untuk menikmati keindahan Situ Patengan. Yang pertama, perahu. Muat untuk 15 orang sekaligus. Kita hanya perlu membayar 10.000 rupiah per orang untuk berkeliling dan mampir di  “Batu Cinta”.

cukup 10.000 rupiah per orang untuk naik perahu ini

Pilihan yang kedua adalah sepeda air. Sepeda air untuk 2 orang ini bisa kita sewa seharga 30.000 rupiah per jam-nya. Kita bisa berkeliling danau sepuasnya selama satu jam. Tapi jika kamu ingin berhenti di “Batu Cinta” saya sarankan tidak memilih yang ini. karena akan sulit untuk anda berhenti di ujung pulau *tempat “Batu Cinta” tanpa bantuan.

30.000 ribu untuk dua orang, cukup murah dan romantis

Menikmati pemandangan, naik perahu, bukan itu saja yang bisa kita lakukan disini. Sarana outbond berupa flying fox juga ada. Walaupun tidak terlalu menantang karena tidak cukup tinggi, tapi cukup menarik untuk di coba. 15.000 rupiah kocek yang harus kita keluarkan untuk menikmati sarana ini.

arena Flying Fox di kawasan Situ Patengan, tidak terlalu tinggi cocok untuk kalian yang ingin mencoba tapi takut ketinggian..

Pemandangan sepanjang jalan menuju kawasan Situ Patengan ini juga cukup menyejukkan mata. Berada di kawasan perkebunan teh membuat suhu di Situ Patengan terasa sejuk cenderung dingin walaupun matahari bersinar terik.

terlihat beberapa kendaraan yang sedang menuju ke kawasan Situ Patengan

pemandangan yang bisa kita lihat sepanjang perjalanan menuju Situ Patengan. Tidak kalah dengan pemandangan Puncak

oleh-oleh khas ciwidey. harganya bisa bervariasi tergantung kualitas dari buahnya. jika ingin yang fresh anda bisa memetik sendiri dari kebunnya. jasa petik sendiri tersedia di sepanjang jalan menuju kawasan ciwidey.

Situ Patengan bisa kalian jadikan salah satu destination wisata, terutama untuk kalian yang berada di Jawa Barat.

*foto di ambil dengan kamera pocket, jd maaf kalo gambarnya sedikit kabur

 

Iklan

43 Komentar

  1. Beuuuuuh, kota dimana aku dilahirkan, hahahahha…. Vin add fb baru nu abi, abi nyari nu kmu tapi susah…..

    • Bandung pastinya, da ciwidey mah bukan kota hehe…

  2. indah….
    kira kira boleh mancing ga ya, Vinz hehe

    • boleh kang, ada beberapa orang yang sengaja bawa pancingan ko kesana 🙂

      • wah asyik tuh Vinz…

      • pasti’y 😀

      • suka mancingkah ?

  3. waahh, strawberry ny bikin ngilerr!!! Saya jarang2 makan buah tsb soalnya. hehe

    • wah klo disini banyak, malah gak ada musim’y wong tiap hari ada 🙂

  4. wah saya jadi ingat masa nih 😀 Dulu waktu di bandung juga pernah main ke batu cinta hehe

    • main ke sini lagi kapan” kak, sekarang batu cinta udah gak boleh di corat-coret lagi 😀

  5. Aa Ikhwan

    ajib 😀

  6. waaah lengkep bener liputan’y teh Vinz..blom Ciwidey, klo k Pangalengan pnah kuliner sate kelinci ama k Cibolang k makam Boscha,..

    • wah ciwidey ma Pagalengan sama” di Bandung Selatan tuh, lain kali mampir sekalian kak. disini banyak objek wisata yang keren and wajib di kunjungi 🙂

  7. ini teh susu. hahaha. salam untuk bandung. hehe

    • hehehehe…

      salam juga, makasih udh mampir 😀

  8. senang atau cape?haha 😀

  9. Ely Meyer

    jadi mau ke sana nih Vinz, naik sepeda air yg berdua itu sama suamiku 😉

    nama danaunya unik ya Vinz 😛

    • silakan mbak, pasti romantis tuh 🙂

  10. suatu hari nanti harus disempatkan kesini 🙂

    • siph, klo k sini jangan lupa mampir ya 😀

  11. waktu msh kuliah di Bandung…..sesekali sya prnah main kesini…..tmpatnya mmg eksotis

    • betul ka memang keren tempat’y 🙂

  12. seneng banget y mba….
    pulang- pulang bawa strowberry …:)

    • iia nih, tapi saya bawa strawberry’y dalam bentuk lain
      dodol strawberry 😀

  13. pengen banget kesiniiii 🙂

    • di tunggu kedatangan’y ya kak 🙂

  14. Reblogged this on H Onnie S Sandi SE and commented:
    Asik….udara dan tempat sangat menggugah inspirasi…

  15. bahayanya mitosnya itu …

  16. batu cinta???

    • yupz 😀

      • batu galau ada gak hehehe

      • nanti saya bikinkan khusus buat kaka :mrgreen:

      • hmmm… jangan, saya baru selesai galau, masak mau dibuat galau lagi?

      • alhamdulilah brarti kalo begitu….

      • kok alhamdulillah?

      • kan udh lewat galau’y….

      • hooooo..
        kirain,

  17. situpatengan kisah masyarakat yang melegenda dewi rengganis dan pangeran indrajaya, sip informasinya banyak membantu.

    • terima kasih sudah mampir 🙂

comment here please

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: