sweetyvinz

just wanna write what I feel.

TIPS SAHUR & BERBUKA PUASA

Pas Puasa… “Lemes”

Pas Buka…. “Kekenyangan”

Halah, gak bakalan kejadian tuh kalo kamu berbuka dan sahur dengan benar. Biar hal di atas gak terjadi sama kalian, nih gue punya beberapa Tips saat Sahur & Berbuka. Mau tau ❓

check this out…..!

  1. Makan secara teratur waktu buka puasa dan sahur dengan menu seimbang. Pastiin di piring kalian ada Nasi, lauk-pauk yang mengandung protein dan lemak juga sayuran. Jangan lupa juga makan buah-buahan setelahnya.
  2. Minum cukup. minum 7 sampai 8 gelas sehari, pas sahur 3 gelas dan 5 gelas dari buka sampe tidur.
  3. Minum segelas susu atau suplemen multivitamin waktu sahur bisa meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh kita loh….
  4. Pilih makanan manis buat berbuka, makanan manis mengandung karbohidrat yang mudah di serap dan segera menaikkan kadar gula dalam tubuh.
  5. Waktu makan sahur, menunya boleh sama kaya menu buka tapi dengan porsi lebih sedikit.
  6. 50, 10, 40 ini angka ajaibnya. 50 pas buka, 10 abis terawih dan 40 di waktu sahur. Jangan hawek kalo nyokap gue bilang he…..
  7. kalo gak bisa makan nasi waktu sahur, ganti az pake roti isi atau bubur havermouth di tambah segelas susu biar gak lemes puasanya.
  8. Buat loe yang suka telat bangun and gak sempet masak sahur, makan az nasi plus telur mata sapi. Gampang bikinya tapi energynya cukup buat seharian. tabahin buah-buahan juga ya….
  9. Jangan langsung minum air dingin waktu buka *nah loh#. Perut bisa kembung kalo kamu langsung buka pake air dingin karena asam lambung yang terbentuk selama berpuasa meningkat. coba pancing dulu pake air hangat.
  10. beristirahat sekitar 1 jam sebelum buka untuk memberi keseimbangan pada pencernaan.
  11. Kalo kalian udah ngikutin tips diatas dan tetep ngerasa lemes, coba konsultasi sama dokter siapa tau kamu punya masalah sama pencernaan kamu.

Hindari…..

  • Ketan, mie, ikan, sayuran mentah, sayuran berserat, minuman bersoda dan bumbu yang tajam kaya cabe dan cuka kalau kamu punya sakit maag. Makanan itu bisa menimbulkan gas yang bisa meningkatkan produksi asam lambung.
  • Makanan manis yang terlalu banyak seperti sirup, coklat dan ice cream buat kamu yang punya berat badan berlebih. sayur dan buah-buahan lebih bagus say…..
  • Sayuran berserat kasar buat kamu yang kurus. Tambahin az porsi susu yang kamu minum biar badan kamu tabah seger.

Nah guys, itu tips sahur and berbuka dari gue. Silakan coba and buktiin sendiri gimana rasanya.

Semoga bermanfaat…..

Sumber : Olga

“Makanan yang dimasak dirumah jauh lebih enak dari pada makanan luar”

~Vinz Stacey~

41 Komentar

  1. Ely Meyer

    boleh juga nih Tipsnya, cuma yg nomor 6 aku msh nggak ngeh

    mau nambah minum susu yg banyak ah πŸ™‚ .. trims ya

    • yang no 6 maksud’y perbandingan porsi makan’y mbak… πŸ˜€

      • Red

        persentasenya gitu ya ?

      • yups πŸ˜€

  2. kesehatan mmg dimulai dari kemauan kita sendiri…..
    thx buat tipsnya

  3. wah buat saya yang melek malem susah juga nie.. soalnya banyakan tidur juga pas siangnya si πŸ˜€

    • brarti gak usah kuatir lemes, wong kerjaan’y tidur :mrgreen:

      • ahahhahaha.,.. tapi kata cewek ku
        pahalanya cuma separo πŸ˜€
        hehehehhe

      • setuju deh sama dia πŸ˜€

  4. Kalau yang no.4 aku sih biasanya berdiri depan cermin. udah manis siih… *Narsis Mampus* :p

    • Ajiiiiib, boleh nyoba gak ❓
      pengen tau az semanis apa :mrgreen:
      hahahaha

  5. Great post! I had it translated via Google, and find it really wonderful! Kudos SweetVinz😊

    • Thanks Aina,,,,
      Greeting from Indonesia πŸ™‚
      where’re u from?

      • Vhinz, I’m from Hawaii, but I’m originally from the Philippines. Aloha 😊

      • aloha hawaii, πŸ™‚

        it’s nice to know u.

      • Aloha Vhinz! 😊 thank u for being so sweet and kind.😊

      • u’re welcome πŸ™‚

      • 😊

  6. se7!

  7. Tips yang bermanfaat.., tapi sayangnya ane selalu menutup dengan air putih.. :mrgreen:
    Salam..

    • air putih memang bagus buat kesehatan kak πŸ˜€

  8. benar yang kamu katakan.
    pas puasa lemes, tapi jika sering mandi saya gak lemes.
    pas berbuka kekenyangan, itu udah kebiasaan bagi saya.

    -tips pertama sudah pasti bakalan nongkrong di piring saya.
    -tips kedua agak ribet, tapi memang itu harus. saya sarani pake galon minumnya cuma sekali gak pake 8 kali.
    -tips ketiga saya cuma pilih susu putih saja. susu coklat jika kamu juga punya saya juga mau dikasih. merknya Boneto y biar saya bisa ngalahin pohon cabe.
    -tips keempat saya gak suka yang manis manis, lagi memperhatiin gigi saya. sama pengen mecahin rekor sebagai gigi terbaik dikomplek perumahan saya.
    -tips keempat, yang kamu katakan benar. tapi saya punya alasan sendiri, saat sahur karena ngantuk jadi porsinya sedikit. target saya sih pangen sama sama banyak.
    -tips keenam mungkin kurang penjelasannya sehingga saya gak ngerti. angka ajaib saya cuma 9.
    -tips ketujuh, kemungkinan besar saya gak bakalan bisa pisah dengan si nasi putih. kebanyakan cewek yang gak setia dengan si nasi putih, katanya sih mau diet.
    -tips kedelapan, saya pengen di buatin kamu yah telur mata elang saja bosan dengan sapi.
    -tips kesembilan, padahal paling enak minum air dingin saat berbuka. trims infonya, saya suka menjaga kesehatan.
    -tips sepuluh, saya sering ngelakuinnya bahkan lebih, kaki saya cedera abis main bola jadi saya gak ikut salat terawih.
    -tips terakhir, gak ada masalah kok.

    saya akan hindari dan coba yang kamu sarankan.

    tipsnya bermanfaat bagi saya. trims, izin print y.

    olga yang mana?, artis y narasumbernya…

    • silakan πŸ˜€

      hahaha bukan…..

    • Tra,,,,
      ceritanya ini posting di blog orang???
      lengkap banget hehee…
      tapi bagus lanjutkan!!

      • bisa juga dibilang begitu. saya gak nyadar lo buat komen panjang gitu. ^_^

      • hehe gpp ko Tra malah saya pusing eh seneng maksudnya :mrgreen:

      • wah2… tapi keren kok…..
        bagus semakin mempererat persahabatan

  9. “Makanan yang dimasak di rumah jauh lebih enak di banding masakan dari luar”
    SETUJU BANGEEEEEEET…!!!

  10. β€œMakanan yang dimasak dirumah jauh lebih enak dari pada makanan luar”
    setujuuuuu banget… tp sekarang lagi jauh dari rumah… hikz

    • wah sayang ya kak 😦
      tapi kan bisa pulang nanti πŸ™‚

      • iya moga aja…
        thanks ya Az

      • siph πŸ™‚

  11. oowww… makan sahur emang harus lebih sedikit yak.. kalau aku emang sahur makan sedikit seh, soalnya gak nafsu.. hihihihi

    • yups emang, tapi kandungan’y ,mesti sama sama pas buka biar kuat puasa’y…
      πŸ™‚

  12. Artikel yang bermanfaat…linknya sudah aku pasang di blogroll link sahabat dan banner blog sahabat

    • terima kasih πŸ™‚
      nanti saya pasang juga link’y

  13. pena usang

    Nice tips! Tapi yang sulit itu makan teratur, karena kebiasaan ane buka banyak, jam 10 malem banyak lagi makannya, terus saur juga banyak, tapi terkadang malah sulit makan bgt, jadi asupan kalorinya tiap hari berasa ga stabil

    • wah perlu di awasin tuh pola makan’y πŸ™‚

comment here please

