sweetyvinz

just wanna write what I feel.

TRAFFICKING, BE CAREFUL……!!!

Berawal dari penyuluhan pas MOS tadi pagi *disekolah gue MOS’y baru beres td# dari bu Dokter tentang bahayanya mencoba-coba, gue jadi punya bahan informasi buat di share ma kalian.

Tadi bu dokter Purwanti *salah satu dokter yang bertugas di Puskesmas di daerah gue# ngebahas soal bahayanya nyoba obat-obatan terlarang sama seks bebas. Tapi bukan itu yang mau gue share ma kalian. Sekilas beliau membahas soal penjualan organ tubuh yang kebanyakan korbannya adalah anak-anak usia remaja. Kebetulan beberapa waktu yang lalu di wilayah gue ditemukan sesosok mayat tak dikenal yang beberapa organ tubuhnya ternyata udah ilang *sadis#

nah ini dia yang mau gue bahas kali ini, soal Trafficking atau perdagangan manusia termasuk organ tubuhnya.

What is trafficking ❓

tindakan perekrutan, pengangkutan, penampungan, pengiriman, pemindahan atau penerimaan seseorang dengan tujuan untuk eksploitasi atau mengakibatkan orang tereksploitasi. Pelakunya diancam hukuman penjara paling singkat 3 thn dan paling lama 15 thn *bentar banget# dan denda paling sedikit 120 juta dan paling banyak 600 juta rupiah.

Tujuan Trafficking ❓

  1. dijadikan pelacur
  2. diambil organ tubuhnya
  3. dijadikan pengedar narkoba
  4. bekerja tanpa batas waktu
  5. dipekerjakan tanpa dibayar

Bentuk Trafficking

  • Penculikan
  • bujuk rayu langsung dan tidak langsung (sms dan jejaring sosial)
  • jeratan hutang
  • kedok duta budaya
  • adopsi ilegal
  • Penipuan dan pemalsuan identitas
  • kawin pesanan (mail order bride)

be careful sama orang…

  1. penuh bujuk rayu
  2. menjanjikan pekerjaan dengan gaji/imbalan besar yang tidak wajar
  3. memberi hutang tanpa jaminan
  4. mengajak untuk menjadi duta budaya dan seni ke luar daerah atau luar negeri secara ilegal

potential executant/pelaku

  • orang terdekat (orangtua, keluarga, tetangga dll)
  • orang yang baru di kenal
  • penyedia lapangan kerja ilegal
  • pencari bakat, duta budaya dan seni ilegal
  • oknum (aparat pemerintah, guru, tokoh masyarakat dan tokoh agama)

biar gak jadi korban

  1. meningkatkan pendidikan, pengetahuan dan keterampilan
  2. waspada terhadap segala jenis bujuk rayu
  3. waspada terhadap tawaran pekerjaan dengan gaji besar yang tidak wajar
  4. pola hidup sederhana, jangan matre…!!!
  5. berhati-hati dalam berteman
  6. berhati-hati dalam membangun hubungan komunikasi

jika kamu jadi korban

  • curhat ke orang terdekat yang bisa di percaya
  • melapor kepihak yang berwajib (RT/RW,PosPol, Lembaga perlindungan anak, Telpon Sahabat Anak 129 (TESA)
  • Klik www.gugustugastrafficking.org
  • hubungi Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak Telp. (022)3805563 atau 3805542 pes 182 atau 137
  • gak usah takut buat lapor karena kamu dilindungi oleh UU. No. 13 tahun 2006 tentang perlindungan saksi dan korban

Dampak trafficking

1. Individu

  • terkucil
  • depresi
  • cacat fisik (bila terjadi penyiksaan)
  • putus asa dan hilang harapan
  • terganggunya fungsi reproduksi
  • kehamilan yang tidak diinginkan
  • terinfeksi IMS/HIV/AIDS
  • kematian

2. Keluarga

  • beban psikososial (malu, rendah diri)
  • Keluarga gagal

3. Sosial

  • timbulnya pandangan negatif masyarakat (stigma)

sumber: Kementrian Komunikasi dan Informatika repubik Indonesia

Quote:
“seseorang yang paling kita percaya terkadang adalah orang yang paling tidak bisa kita percaya”
~Vinz Stacey~
Iklan

20 Komentar

  1. sesuatu yang mengerikan… manusia seperti hewan ternak…
    biadab! bagi siapapun pedagang ini.

    • memang mengerikan zasseka, kita harus hati-hati and klo bisa memberantas para trafficker…..

  2. Arie Pudjiarso

    Hem, good article! Jelas sekali penjabarannya! Bagi yang punya anak pun harus waspada menjaga anak-anaknya pula. Agar tak jadi korban di atas. Yang paling ngeri lagi penculikkan balita yang hanya untuk diambil organ-oragn vitalnya.

    • benar itu, iia kalo bisa kembali dalam keadan hidup nah kalo tinggal nama ❓

      subhanalloh ngeri rasanya 😦

  3. Aa Ikhwan

    sip ajib,..nice share 😀

  4. hati-hati setiap saat! 😀

  5. excellent article , covers a lot of ground i’ve found a great article. thanks.http://www.kitsucesso.com

  6. Ely Meyer

    uurrghhh .. merinding baca soal trafficking, yang kasihan itu aklau orang yg nggak punya diiming imingi soal pekerjaan , kasihan khan ya, tapi emang harusnya waspada sih kalau tiba tiba ada org yg mebujuk dan meryu pekerjaan dgn iming iming gaji yg gede

    • betul itu mbak, waspada itu harus…

  7. onesetia82

    dengan antisipasi seperti yg sudah dicantumkan diatas mudah2an kita semua terhindar dari kebiadaban ‘trafficking’ ini … 😦

  8. nice post. trafficking harus diberantas bagaimanapun caranya.

    • betul betul betul *sambil gaya ala ipin#
      😀

  9. Gogo

    say no to trafficking

comment here please

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: